Jumat, 24 Oktober 2014

Kelas menyulam (Sulam pita) - bagian 1

Menyulam bukanlah hal terbaru buat saya. Sejak SD, saya telah mengenal yang namanya sulam namun tidak sebanyak sekarang. Sulam benang dengan teknik tusuk silang adalah sulam pertama kali saya ketahui. Hampir setiap liburan sekolah, mama membelikan peralatan dan bahan sulam benang ini. Taplak meja dan hiasan dinding telah menjadi karya saya. Namun itu berlalu saja oleh kesibukan dan rutinitas sekolah hingga saya bekerja sebagai karyawan di perusahaan swasta.

Kini saya sudah berkeluarga dan memiliki 1 orang putra. Dari kesibukan sebagai ibu rumah tangga plus karyawan, banyak waktu tersita. Lelah, pasti. Namun keriduan untuk berkarya adalah bakat yang saya miliki.

Menyulam, membuat asesoris dari manik. Dulu adalah hal menyenangkan buat saya. Karya saya, dipajang di rumah dan dipakai oleh teman - teman sekelas sangat membuat saya bangga. Sekarang itu sangat berguna bagi saya. Mengapa ?.

Saya bukan Super Woman. yang bisa apa saja. Memilih menjadi ibu rumah tangga adalah keputusan saya. Namun ingin membantu perekonomian keluarga saya adalah hal yang tidak dapat saya tinggalkan. Mungkin bagi sebagian wanita, akan bingung dalam kondisi ini. Percaya dengan diri sendiri adalah hal yang tengah saya lakukan. Dengan menyebut sebagai Ibu Rumah Tangga yang kreatif dan produktif itu yang saya ingin wujudkan. Dari bakat yang saya miliki sejak kecil. Saya ingin jadikan hal ini lebih indah. Tidak hanya sebatas kegemaran atau hobi namun saya ingin, ini menjadi hal terbesar saya dalam membantu perekonomian keluarga. Apa itu mungkin ?

Sekarang, saya belum bisa menjawabnya. Namun kelak saya yakin. Akan bisa menjawabnya.
Sekarang bagi saya adalah bagaimana cara mewujudkannya. Dari yang dulu saya tinggalkan, kini harus saya ambil dan kembangkan. Dulu dengan belajar otodidak, sekarangpun tetap sama. Saya berpikir apa saya bisa seperti orang ahli lainnya ?. Ternyata saya akui bahwa otodidak adalah bakat saya. Melihat dan memperhatikan sebuah kreasi dan membuatnya sendiri acapkali saya lakukan. Dan menakjubkan. Beberapa karya telah saya hasilkan. Dan inilah modal saya untuk memulai. Butuh pengetahuan dan pengalaman yang lebih untuk sekarang ini.

Karena 2 hal itu yang sekarang saya butuhkan disamping hal - hal lainnya. Maka saya belajar mengumpulkan beberapa catatan - catatan penting dan meng-upload pada blog ini. Tujuannya sederhana. Untuk menjadi catatan terpenting saya. Biar nggak lupa hehehehehe.....

Daripada dicatat dalam buku. Saya memilih mencatatnya dalam blog. Biar kemanapun saya pergi catatan ini bisa dengan mudah saya dapatkan tanpa membawa buku catatan dan saya rasa, saya harus berbagi dengan orang - orang yang mungkin sama seperti saya sekarang.

Baiklah. Saya akan memulai dengan kelas saya yang pertama sebagai catatan saya.

KELAS MENYULAM
(SULAM PITA) - BAG. 1

Macam - macam sulam

  1. Sulam Pita (Bahan dasr pita satin, pita organdi / kuce. Ukuran pita yang digunakan 1/8, 1/4, 1/2 inci)
  2. Sulam Benang (Bahan dasar benang sulam, benang bordir, benang snock)
  3. Sulam peniti / handuk (Bahan dasar benang. Lebih mirip seperti handuk / bulatan kecil)
  4. Sulam bayang (Bahan dasar benang. Seperti garis - garis putus)
  5. Sulam sisir (Bahan dasar benang dan memakai sisir sebagai alat menyulam. Tingkat kesulitan lebih tinggi)
(Dikutip dari buku Kreasi Cantik Sulam Pita hal. vi. Penulis Yenny Sidharta)

Tak kenal maka tak sayang, dari 5 jenis sulam di atas, saya pikir baru 50% pengetahuan saya tentang sulam. Baik, kita coba lihat bentuk - bentuk asli dari ke lima sulam di atas.

Sulam pita
Sulam benang
Di download dari Maziyah blog
Sulam peniti / handuk
Di download dari Bisma Center
Sulam Bayang
Di download dari Dino market
Sulam sisir
Di download dari Artira Craft Blog
Nah..... Untuk bentuk aslinya contoh sulaman berdasarkan jenisnya sudah kita lihat. Mungkin teman - teman crafter lainnya sudah mengetahui cara / teknik dari sulam - sulam di atas. Bagi yang ingin berbagi cara / teknik sulam - sulam di atas. Silahkan memberikan komentar berupa link blog anda yang membahas cara / teknik menyulam atau silahkan kirim ke luvywriting@gmail.com materi cara / teknik menyulam. InsyaAllah akan saya upload pada blog ini.

Selamat berkreasi ^_^
Salam Kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar